3. PERKEMBANGBIAKAN KAMBING

3.  PERKEMBANGBIAKAN KAMBING

1. Dewasa

Kambing sudah mencapai dewasa kelamin pada umur 8—12 bulan, tetapi sebaiknya jangan dikawinkan dulu karena hal ini akan menyebabkan anak yang dilahirkan kurang sempurna (sakit-sakitan, pertumbuhan kurang baik dan sebagainya).

Waktu yang baik untuk mengawinkan pertama kali adalah pada umur 18—20 bulan, karena pada umur tersebut kambing sudah mencapai dewasa tubuh dan dewasa kelamin.

2. Masa Bunting dan Kemampuan Beranak

Masa bunting pada kambing adalah sekitar 151 hari (5 bulan), sehingga dengan tata laksana yang baik diharapkan kambing dapat beranak setiap 7—9 bulan sekali.
Jumlah anak yang dapat dilahirkan rata-rata 1—2 ekor, kadang-kadang dapat pula lebih dari 2 ekor. Bila ada kambing yang beranak lebih dari 2 ekor, sebaik nya anak ketiga disusukan kepada induk kambing yang sedang menyusui dan mempunyai anak hanya seekor.Kambing berkembang biak dengan melahirkan. Kambing bisa melahirkan dua hingga tiga ekor anak.

3. Saat tepat untuk perkawinan

Waktu yang tepat untuk mengawinkan seekor kambing betina adalah saat birahi. Dalam keadaan tidak berahi kambing betina tidak mau dikawini/dikawinkan, oleh karena itu perlu diketahui tanda tanda berahi yaitu :

–    Tidak tenang dan terus terusan mengembik.
–    Ekor dikipas-kipaskan, menggosok-gosokan badan ke dinding.
–    Sering kencing.
–    Bibir alat kelamin sedikit membengkak, hangat dan keluar lendir agak kemerahan.
–    Nafsu makan berkurang
–    Diam bila dinaiki pejantan.

Lama berahi pada ternak kambing rata-rata 30 jam. Karena waktunya tidak lama, maka jika terlihat tanda-tanda berahi kambing betina segera dikawinkan. Kalau berahinya terlihat pada malam hari sebaiknya dikawinkan pada besok harinya (pagi hari), sedang kalau terlihat pada pagi hari sebaiknya dikawinkan pada siang hari atau sore hari.

Waktu mengawinkan yang tepat adalah 12-18 jam setelah terlihat tanda-tanda birahi, untuk memudahkan proses kawin dan mengurangi resiko kegagalan, maka kambing betina dan pejantan dikandangkan dalam satu kandang, hindarkan terjadinya perkawainan antara saudara, anak dengan bapak dan induk dengan anak.

Siklus berahi pada kambing betina rata-rata 20 hari, artinya setiap 20 hari kambing betina akan mengalami masa berahi. Siklus berahi ini tidak terjadi kalau kambing sedang bunting.

4. Kelahiran

Kambing yang akan melahirkan nampak gelisah, menggaruk-garuk tanah/lantai kandang, mengembik, pinggul mengendur, ambing sangat besar dan bila dipecet keluar cairan (kolostrum), alat kelamin membengkak dan nafsu makan turun.

5. Menyusui

Kambing akan menysusi selama 2,5 – 3 bulan, pada sistem peternakan tradisional dapat sampai 5-6 bulan

 

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: