VI. PEMANENAN IKAN NILA

Dalam pemanenan ikan ada 2 tahap yang perlu diperhatikan, yaitu penjebakan dan penyimpanan ikan.

Penjebakan

Adalah proses pengambilan ikan sebelum proses pembedahan,dengan tujuan mengurangi resiko kematian ikan pada saat proses pembedahan ikan (pengeringan kolam ikan). Jadi pada proses pembedahan kolam ikan yang tersisa di kolam tinggal sedikit atau hanya sisanya saja. Proses penjebakan ikan menggunakan waring penjebakan,,pasang waring penjebakan 3 – 4 hari sebelum penjebakan ini dimaksudkan supaya ikan ngumpul saat proses pengangkatan jebakan dan hasil pengangkatan jebakan bisa maksimal dan sisa ikan dikolam tinggal sedikit.

Biarkan waring penjebakan selama 3 – 4 hari sambil kita memberi pakan.

Penyimpanan ikan

Pada proses ini, penyimpanan ikan bertujuan untuk mengurangi resiko ikan supaya tidak stres pada proses pengemasan/pengepakan ikan dan memberok ikan (memberok ikan yaitu membiarkan ikan membuang kotoran supaya dalam proses pengemasan ikan dalam balon ikan tidak mengeluarkan kotoran,sehingga tidak terjadi proses pembusukan (amoniak tidak timbul)

Dan apabila telah telah disimpan selama satu hari ikan siap untuk di pak atau dikemas dalam balon (satu hari penyimpanan adalah cara paling bagus untuk ikan). Sebaiknya lakukan pengepakan pada sore hari atau subuh.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: